11 Cara Menabung Yang Benar Dan Efektif, Gampang Banget!

Misalnya, jika Anda berkeinginan memiliki rumah dengan desain tertentu, maka ketahui harganya dan pastikan rencana untuk membelinya dengan KPR atau money. Kalau niat berinvestasi buat mencari keuntungan besar dengan tingkat return maksimal, lo harus sadar bahwa tingkat return tinggi bakal diikuti dengan tingkat risiko yang tinggi juga. Maka, tingkat return tersebut bakal maksimal dalam jangka waktu yang lebih panjang. Jadi, jangan cepat tergiur dengan iming-iming bunga tinggi dalam waktu singkat. Soalnya, lo harus waspada dengan risiko yang ada di belakangnya.

Meskipun kamu bisa mendapatkan bunga dari menabung, sayangnya itu belum cukup untuk mengimbangi efek negatif dari inflasi. Pasalnya, nilai suku bunga tidak pernah bisa mengejar laju inflasi. Menabung yang dilakukan oleh masyarakat adalah dengan menyisihkan uang yang dimiliki untuk dikumpulkan sehingga jumlahnya terus bertambah. Uang yang ditabung disimpan dalam celengan, tabungan di bank, tabungan bersama pada sebuah komunitas dan lain-lain. Berbeda dengan investasi, menabung biasanya dilakukan hanya untuk menyimpan uang sebagai persiapan keadaan darurat jika sewaktu-waktu membutuhkan uang cepat. Selain itu, menabung juga dilakukan jika seseorang mempunyai target jumlah uang yang akan dikumpulkan dan akan digunakan untuk tujuan tertentu dalam waktu dekat.

Menabung dengan berinvestasi

Selain kata yang umum, kegiatan menabung juga sudah sangat lama mengakar di masyarakat kita. Sementara investasi meski sudah banyak dan lama orang lakukan, kegiatan ini semakin menarik minat masyarakat di period milenial ini. Lalu, apa yang membuat masyarakat masih enggan masuk pasar modal? Padahal, investasi itu dinilai sangat penting untuk menjaga nilai asset seseorang agar tidak termakan inflasi.

Mulai berinvestasi dan menabung sedini mungkin – lebih cepat lebih baik. Pelan-pelan mengalokasikan sebagian pendapatan untuk ditabung, sebaiknya dimulai sejak usia 20an – saat kamu masih lajang dan sedang dalam masa produktif-produktifnya. Sementara di Tokopedia Reksa Dana, fitur Langganan memungkinkan pengguna mencapai goal investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan. Dana secara otomatis akan disalurkan ke saldo Reksa Dana dan pengguna dapat mengubah pengaturannya kapan saja. Kemudian, investor juga harus menentukan dulu tujuannya berinvestasi. Apakah untuk menikah, liburan, atau tujuan di masa depan lainnya.

Dikarenakan pengertian ini pula, terdapat berbagai perbedaan antara menabung dan investasi yang sangat krusial, bukan dari segi manfaat menabung saja. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Dengan mengetahui kapan Anda ingin mencapai tujuan, Anda akan tahu berapa dana yang harus dikeluarkan dan jenis produk investasi yang harus Anda pilih. Menyisihkan atau menyimpan uang untuk kebutuhan atau tujuan jangka pendek atau untuk keperluan darurat.

Hanya saja, banyak juga produk investasi yang memakai keterikatan. Artinya, Anda diharuskan menaruh dana sedemikian rupa untuk jangka waktu tertentu. Pengambilannya pun harus disesuaikan dengan kesepakatan yang telah ditetapkan. Contoh dari produk investasi yang kadar fleksibilitasnya kurang, antara lain deposito, obligasi, dan asuransi. Tabungan ini memiliki pertumbuhan nilai yang lambat, namun memiliki risiko yang rendah. Sehingga tidak heran banyak masyarakat memilih menabung daripada berinvestasi.

Kelemahan menabung adalah keuntungan dari bunga yang didapat terbilang kecil. Hal ini disebabkan uang yang kita simpan di dalam tabungan tidak bertumbuh nilainya. Kita hanya dapat sebatas bunga tahunan yang bahkan besarannya mungkin hanya dapat membayar biaya administrasi bulanan, belum lagi tergerus oleh kenaikan inflasi tahunan. Menabung dan berinvestasi merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyimpan dana. Meski begitu, banyak orang yang belum mengerti dengan jelas bahwa menabung dan berinvestasi merupakan kegiatan yang berbeda. Dikenal dengan surat utang Negara , investasi ini menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup diminati masyarakat.

Reksa dana memberi imbal hasil 10-20% dan saham bisa memberikan imbal hasil lebih dari 20%. Agar asetmu berkembang alih-alih mengalami penurunan nilai, kamu tinggal memilih produk investasi yang potensi imbal hasilnya lebih tinggi dibandingkan angka inflasi. Anda bisa memulai berinvestasi dengan mencari instrumen investasi yang rendah risiko, artinya nilainya tidak terlalu fluktuatif (naik-turun dengan signifikan).

Untuk selanjutnya, bisa membeli sabun mandi refill ukuran besar yang biasanya untuk harga tidak terlalu jauh. Sebanyak 33% atau 170 di antaranya tidak menjual sahamnya ke publik, sisanya sekitar 350 perusahaan bisa Anda pilih sebagai sasaran investasi. Tentunya Anda memerlukan pengetahuan dan waktu yang cukup banyak untuk mempelajari perusahaan-perusahaan mana saja yang berpotensi memberikan returns yang besar.

Comments are Disabled