Anak Muda Indonesia Konsumtif, Tapi Sadar Pentingnya Menabung

Disampaikan juga, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Percepatan Akses Keuangan Daerah di Kabupaten Pekalongan guna meningkatkan inklusi keuangan bagi para siswa/pelajar di 84 sekolah SMP dan 35 MTs. Melalui program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang bebas biaya administrasi di berbagai bank pemerintah dan swasta, Bupati Asip berharap para pelajar di wilayahnya jadi tertarik untuk menabung. Suami Wella Marvolinsa itu menjelaskan persyaratannya, yakni siswa/siswi mengisi formulir secara lengkap dan melengkapi dokumen untuk pembukaan rekening tabungan. Seperti kartu pelajar siswa dan surat keterangan dari sekolah, KTP/SIM orang tua, KK dan Akta Kelahiran siswa/siswi yang bersangkutan, serta surat pernyataan dari orang tua.

pentignya menabung

Bayangkan jika si Kecil sudah menabung Rp10.000 saja per bulan sejak umur 6 tahun. Maka ketika mereka mulai masuk kerja, mereka punya tabungan untuk memulai hidup mandiri karena sudah mempunyai dana cadangan sebesar Rp3 juta-an. Walau kesannya tidak seberapa, tetapi tabungan ini nantinya bisa menjadi bekal untuk kebutuhan lain si anak yang sudah beranjak dewasa, seperti jika mereka ingin melanjutkan studi atau memulai bisnis kecil-kecilan. Dengan kebiasaan menabung sejak dini, maka Sobat Lakuuu dapat menerapkan hidup hemat tanpa adanya paksaan dari orang lain. Karena, sudah terbiasa untuk mengeluarkan uang sedikit demi sedikit serta memilih kapan mengeluarkannya untuk hal penting. Selain itu, Sobat Lakuuu akan terbiasa sejak dini untuk hidup dengan cara yang lebih sederhana.

Jika berniat menabung, maka mulailah masukan kegiatan menabung sebagai prioritas. Jadi jika aktivtas menabung sudah menjadi prioritas, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini sedang berkembang, pada tahun 2016 ditargetkan pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi salah satunya adalah investasi.

Sulit memang menyisihkan uang untuk tabungan, tapi sebagai buruh migran penting bagi kita menyisihkan gaji untuk ditabung. “Untuk itu menabung merupakan suatu upaya mengelola keuangan dan harus ditekankan sejak usia dini. Kepala Disdik Jabar H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si.m pun mengatakan bahwa literasi keuangan merupakan kebutuhan dasar agar seseorang terhindar dari masalah keuangan.

Jika Anda berminat memilih jenis investasi ini, maka Anda dapat membeli properti seperti rumah dengan lokasi yang strategis dan menjualnya di masa yang akan datang karena hal tersebut dapat menaikan harga jual. Akan tetapi jenis investasi properti ini memperlukan modal yang cukup besar dan tidak mudah untuk menjualnya. Alasan utama Anda harus menabung sejak dini adalah pada jumlah tertentu Anda bisa mulai berinvestasi. Macam-macam bentuk investasi yang bisa Anda lakukan seperti deposito, ekuitas, reksa dana, atau bahkan properti. Dengan begitu, uang yang Anda tabung bisa menghasilkan lebih banyak harta. Guna membantu anak-anak supaya rajin menabung, Anda bisa mencoba memberi contoh menabung dan berinvestasi.

Berkat kelima ideas diatas dan juga Save It dari Jenius, saya udah mulai meraih impian jangka pendek dan panjang nih. Sebagai implementasi Perpres tersebut, Otoritas Jasa Keuangan menginisiasi “Bulan Inklusi Keuangan ” yang dilaksanakan secara Nasional oleh OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan dan Stakeholders lainnya. TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan.

“Parenting atau ilmu tentang mengasuh dan mendidik anak memang sangat penting untuk dipelajari bagi orang tua, untuk mempersiapkan anak menjadi generasi yang lebih baik, berakhlak mulia dan berkarakter positif,” ungkapnya. Beri contoh yang baik,otomatis kita selaku orang tua harus memberikan contoh atau langsung mempraktekannya sendiri. Ia menambahkan, BYB saat ini sedang gencar bertransformasi menjadi financial institution digital. [newline]Perseroan akan banyak meluncurkan produk-produk untuk memenuhi kebutuhan kalangan millennial. Meski begitu, BYB tidak akan meninggalkan bisnis intinya yakni melayani pensiunan. Untuk itu, mengajari anak menabung sejak dini dapat membiasakannya disiplin menabung. Menurut penelitian dari Universitas Cambridge, orangtua sudah bisa mengajari anak-anak tentang menabung sejak usia 3 tahun.

Comments are Disabled