Disiplin Membangun Karakter Bangsa

Isa selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Barat memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Tubaba karena sudah lebih baik dalam pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terpapar Covid 19. Mulai dari SOP penanganan pasien hingga SOP pemakaman pasien Covid 19. Selanjutnya M. Isa siap untuk membantu menekan tingkat penyebaran Covid 19 di tubaba dengan berpedoman aturan yang berlaku. Monitoring kelancaran akses internet dan jaringan serta membantu pimpinan dalam pengembangan aplikasi untuk wewujudkan Pengadilan yang Modern berbasiskan IT. Hal ini mengemuka dalam penelitian yang dilakukan mahasiswa program doktoral FEB UGM, Eko Yulianto, SE., M.Sc., mengenai pengaruh norma sosial dalam pembuatan keputusan etis auditor di bawah tekanan ketaatan.

Jika kecintaan peserta kursus semakin baik terhadap pelajaran, kedisiplinan mereka akan semakin baik pula. Untuk mewujudkan kedisiplinan peserta kursus yang baik, lembaga harus memberikan balas jasa yang sesuai. Menerima, menyimpan, mengeluarkan dan melaksanakan administrasi keuangan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pemegang buku register induk harus mencatat dengan cermat dalam register yang terkait, semua kegiatan perkara yang berkenaan dengan perkara banding, kasasi, permohonan peninjauan kembali dan eksekusi ke dalam buku induk yang bersangkutan. Penetapan hari sidang pertama, penundaan sidang beserta alasannya, berdasarkan laporan Panitera Pengganti setelah persidangan, harus segera dicatat dalam buku register dengan tertib.

Hukuman disiplin yang dijatuhkan oleh pejabat selain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 43, apabila diajukan keberatan maka mulai berlaku pada tanggal ditetapkannya keputusan atas keberatan. PNS yang sedang dalam proses pemeriksaan karena diduga melakukan pelanggaran disiplin atau sedang mengajukan upaya administratif tidak dapat disetujui untuk pindah instansi. Apabila dalam waktu lebih 21 hari kerja Atasan Pejabat yang berwenang menghukum tidak mengambil keputusan atas keberatan maka keputusan pejabat yang berwenang menghukum batal demi hukum.

Mengikuti perintah atasan

Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang dengan membuat Berita Acara Persidangan. Membantu Ketua Majelis dalam membuat laporan tentang keadaan perkara yang diterima, diputus, diminutasi/belum diminutasi. Melakukan pembinaan terhadap Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti berkenaan dengan proses perkara yang menjadi tugasnya. Memerintahkan Jurusita/Jurusita Pengganti untuk melaksanakan panggilan sidang dan pemberitahuan isi putusan kepada para pihak melalui Panitera/Panitera Pengganti. Menghadiri dan memimpin persidangan terhadap perkara yang menjadi kewenangannya. Menerima berkas dari Ketua, sesuai dengan Penetapan Penunjukan Majelis Hakim .

Khusus untuk pelanggaran disiplin yang ancaman hukumannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat dan ayat dapat dibentuk Tim Pemeriksa. Pelanggaran disiplin adalah setiap ucapan, tulisan, atau perbuatan PNS yang tidak menaati kewajiban dan/atau melanggar larangan ketentuan disiplin PNS, baik yang dilakukan di dalam maupun di luar jam kerja. Panitia seleksi sebagaimana dimaksud pada ayat memilih 3 nama calon pejabat pimpinan tinggi madya untuk setiap 1 lowongan jabatan. Pengembangan kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat harus dievaluasi oleh Pejabat yang Berwenang dan dipergunakan sebagai salah satu dasar untuk perjanjian kerja selanjutnya. PPPK yang dinilai oleh atasan dan tim penilai kinerja PPPK tidak mencapai goal kinerja yang telah disepakati dalam perjanjian kerja diberhentikan dari PPPK. PNS yang berhenti bekerja berhak atas jaminan pensiun dan jaminan hari tua PNS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Instruktur yang berani bertindak tegas menerapkan hukuman bagi peserta kursus yang indisipliner akan disegani dan diakui kedisiplinannya oleh peserta kursus. Dengan demikian, Instruktur akan dapat memelihara kedisiplinan peserta kursus lembaga. Instruktur yang tidak tegas menindak atau menghukum peserta kursus yang melanggar peraturan, sebaiknya tidak usah membuat peraturan atau tata tertib pada lembaga tersebut. Melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pengamanan dan ketertiban di area tempat tugas. Mengikuti jadwal tugas jaga sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku di lingkungan Kantor.

Comments are Disabled