Manfaat Menabung Sejak Dini Agar Sukses Meraih Mimpi

Investor bisa mendapatkan keuntungan obligasi dari pendapatan bunga atau juga dari capital gain saat melakukan transaksi jual beli di pasar sekunder. Usia muda selalu diidentikkan dengan fase kehidupan yang pas untuk mencoba berbagai hal baru. Sikap ini tidak salah karena biasanya setelah berusia di atas 20 tahun seseorang mulai punya otoritas untuk menentukan berbagai hal yang berkaitan dengan diri. Apalagi pada usia ini, kamu sudah mulai memiliki penghasilan sendiri. Jika air yang diambil tidak seimbang dengan air yang masuk kembali yang terjadi adalah kesulitan air bersih. Masalahnya adalah orang yang mengambil air biasanya kurang peduli dengan stabilitas air bersih selama dirinya bisa mendapatkan air dengan mudah.

Karena sudah tidak bisa bekerja lagi, kamu harus mencari cara untuk membiayai hidup setelah pensiun. Oleh karena itu, cobalah untuk pelan-pelan membiasakan menabung dengan nominal kecil namun konsisten. Fakta yang terakhir, semua orang pasti ingin bisa mengunjungi destinasi tempat wisata yang menjadi impiannya. Banyak saran dari para traveler profesional yang mengatakan janganlah berhutang jika ingin touring. Tetapi bertujuan untuk mengubah pola pikir Anda bahwa merencanakan keuangan dengan baik di masa sekarang akan berdampak pada kondisi keuangan yang baik di masa depan. Berikut ini beberapa fakta yang harus mulai disadari tentang betapa pentingnya menabung dan mempersiapkan keuangan mulai saat ini.

Memang idealnya menabung berorientasi jangka panjang, namun pembelajaran pada anak sebaiknya bersifat jangka pendek. Prioritas yang paling penting adalah hutang/cicilan, amal ibadah, tabungan untuk masa depan, dana darurat, dan konsumsi keseharian. Hutang atau cicilan sebaiknya dipenuhi dulu karena dapat mengganggu pemasukan bulan berikutnya. Kalau kamu tidak punya hutang atau cicilan lain dapat dialokasikan untuk disimpan di tabungan. Seiring berkembangnya waktu dari zaman ke zaman ada cara yang lebih aman dalam menabung selain di celengan ayam yaitu menabung di bank. Dimana celengan ayam berpontensi bisa hilang dicuri oleh orang lain atau kita sendiri yang mengambilnya karena tidak tahan melihat uang di celengan ayam tersebut untuk digunakan.

Jika kamu memiliki tabungan, kamu memiliki dana yang bisa kamu gunakan apabila ada keadaan darurat yang mengharuskan kamu memiliki dana lebih. Tabungan ini juga akan menjadi ‘penyelamat’ untuk kamu dikala ada kebutuhan yang mendesak atau darurat di masa depan. Jika menabung sejak dini, kamu bisa mengatur skala prioritas seperti berapa persen tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran. Manfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih untuk masa depan.

Semakin lama usia hidup, itu artinya semakin banyak biaya yang harus dihabiskan untuk biaya sehari-hari. Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa sekitar 2/5 pekerja tidak mempersiapkan uang untuk masa pensiun mereka. Kebiasaan investasi atau mendanai sejak dini ini juga sebetulnya bisa menjadi sangat bermanfaat untuk psychological si Anak di kemudian hari. Ia akan belajar bagaimana caranya mengembangkan uang yang ia miliki, dan bukan membuatnya malah menjadi seseorang yang konsumtif. Melalui cara tersebut, anak Anda akan bisa menghasilkan uang dengan usahanya sendiri.

pentignya menabung

Anak Anda pun akan bisa menyisihkan sisa uang jajannya untuk ditabung dan dibelikan barang berharga yang ia inginkan di kemudian hari. Dan ternyata kegigihan saya untuk rajin menabung dan bergaya hidup biasa saja bukan keputusan yang salah. Suatu ketika saya berbincang dengan rekan sekantor yang sama – sama sedang merencanakan pernikahan seperti saya. Tapi, konsekuensinya jadi tak bisa mengikuti pergaulan gaya hidup teman – teman karena uang yang dipegang terbatas. Karena kamu tidak mengandalkan uang ini sebagai bagian dari anggaran bulanan, maka setiap rezeki nomplok akan membantu kelancaran tabungan. Misalnya, jika mendapatkan cek potongan harga, simpan segera di dana tabungan darurat.

Cara ini akan mengajarkan mereka kedisiplinan, konsistensi, serta tanggung jawab. Secara tidak langsung, menabung meningkatkan kemampuanmu mengatur keuangan dengan bijak. Tidak hanya itu, menabung juga mengajarkan kita untuk tidak membeli sesuatu hal yang kurang berguna dan menyimpan uang agar bisa digunakan untuk kebutuhan hari tua nanti. Aktivitas menabung bisa menjadi jurus orang tua untuk mengajarkan anak untuk berusaha menyisihkan uang demi mendapat sesuatu yang diinginkan. Proses menabung yang seringkali tidak dapat dilakukan secara instan itu dapat bermanfaat untuk melatih kesabaran seorang individu.

Sifat investasi yang penuh dengan tantangan dan dinamika sangat sesuai dengan jiwa mudamu. Selain itu, kini berinvestasi bisa dilakukan dengan sangat praktis dan mudah tanpa perlu menyita banyak waktumu. Kamu bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS yang menawarkan banyak kemudahan dalam berinvestasi. Bila kamu ingin menjadi “bos” dengan mulai berinvestasi kamu akan merasakannya. Hal ini karena lewat investasi kamu bisa mendapatkan peluang baru dan keuntungan dari pengembangan aset.

Comments are Disabled